Minggu, 11 Januari 2015

Manusia dan Harapan


A. Pengertian Harapan

Setiap manusia mempunyai harapan. Harapan tersebut tergantung padaa pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup, dan kemampuan masing-masing. Misalnya, Intan yang hanya mampu membeli emas biasanya tidak mempunyai harapan untuk membeli berlian. Seseorang yang mempunyai harapan yang berlebihan tentu menjadi buah tertawaan orang banyak, atau orang itu seperti pribahasa "Si pungguk merindukan bulan"

Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agar harapan terwujud maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh, manusia wajib selalu berdoa. Karean usaha dan doa merupana saran terkabulnya harapan.

B. Persamaan Harapan dan cita-cita

Harapan hampir mirip dengan cita-cita, hanya saja biasanya cita-cita itu adalah sesuatu yang diinginkan setinggi-tingginya, sedangkan harapan itu tidak terlalu muluk. Meskipun demikian, harapan dan cita-cita memiliki kesamaan, yaitu

1. Keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud.
2. Pada umumnya orang menginginkan yang  lebih baik atau adanya peningkatan

C. Penyebab Manusia Mempunyai Harapan

1. Dorongan Kodrat
Ialah sifat atau keadaan atau pembawa alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusia sejak manusia dicipitakan oleh Tuhan.

2. Dorongan Kebutuhan Hidup
Menurut Abraham Maslow kebutuhan manusia terbagi menjadi:
a. Kelangsungan Hidup (survival)
b. Keamanan (safety)
c. Hak dan Kewajiban mencintai dan dicintai (be loving and love)
d. Diakui lingkungan (status)
e. Perwujudan cita-cita (self actualization)

Dengan adanya dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup maka manusia mempunyai harapan. Karena pada hakekatnya harapan itu adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

D. Harapan saya kedepan 

Tidak bisa dipungkiri semua manusia pasti punya harapan nya kedepan, walaupun kita tidak tahu sampai kapan didunia. Sebagai lazim nya manusia saya punya harapan kedepan. Harapan kedepan semoga tahun 2015 saya menjadi orang yang lebih baik lagi dan berguna, kuliah lancar, diberikan selalu nikmat kesehatan.Sebuah harapan akan selalu menjadi harapan tanpa adanya usaha dan doa dari diri sendiri.

E. Referensi 

https://www.scribd.com/doc/120061166/BAB-11-MANUSIA-DAN-HARAPAN-docx
http://desispectryani.blogspot.com/2012/05/manusia-dan-harapan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar